Camp Publikasi TA 2022

Universitas Surabaya selalu berkomitmen untuk mendukung kegiatan proses tri dhrama perguruan tinggi, yang salah satu bentuk luarannya adalah publikasi artikel karya ilmiah. Hasil karya tri dharma civitas academika Ubaya hanya akan menjadi “arsip” di rumah sendiri, kalau tidak disebarluaskan (disseminasi) dalam bentuk publikasi.

Karya ilmiah warga Ubaya sejauh ini menunjukkan peningkatan yang signifikan, baik yang terpublikasi melalui jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal dan prosiding internasional yang terindeks Scopus dan Web of Science. Peningkatan publikasi tersebut bukan hanya semata dilihat dari sisi kuantitas, namun juga secara kualitas. Kualitas sebuah artikel yang baik dapat dilihat banyaknya penulis yang mengutip (menyitasi) artikel tersebut.

Salah satu sumber materi artikel ilmiah yang potensial untuk menjadi bahan publikasi adalah karya ilmiah hasil tugas akhir (TA) mahasiswa. Meskipun sudah banyak dosen yang bekerja sama dengan mahasiswa dalam memublikasikan karya TA tersebut, namun sebagian besar karya TA  mahasiswa tersimpan rapi dalam repositori Ubaya atau tersimpan dalam rak-rak buku di Perpustakaan.

Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah di bawah koordinasi LPPM Ubaya merupakan unit kerja yang salah satu program kerja utamanya adalah meningkatkan jumlah publikasi civitas academica Ubaya. Salah satu program peningkatan publikasi tersebut adalah melakukan kegiatan untuk memublikasikan artikel ilmiah dari hasil TA mahasiswa. Melalui publikasi dari hasil karya TA, selain meningkatkan luaran publikasi dosen (pembimbingnya), program ini juga meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam hal publikasi. Bahkan bagi mahasiswa program magister dan doktoral, publikasi telah menjadi syarat kelulusan.

Berbagai upaya telah dilakukan Direktorat PPI untuk memproses artikel hasil TA tersebut supaya layak untuk dipublikasikan. Salah satu kegiatan yang mendukung program tersebut adalah Camp Publikasi Tugas Akhir Mahasiswa.

Camp Publikasi Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Surabaya 2021-2022

Camp publikasi ini dikhususkan bagi mahasiswa yang sedang atau sudah menyelesaikan tugas akhirnya untuk kelulusan Semester Gasal 2021-2022. Camp publikasi TA mahasiswa dimaksudkan sebagai sarana mahasiswa untuk meningkatkan keterampilannya dalam mengolah hasil tugas akhirnya menjadi sebuah artikel ilmiah yang siap dipublikasikan. Dalam prosesnya mahasiswa diwajibkan mengirimkan draft artikel jurnal dari hasil TA mereka untuk dikirimkan ke Direktorat PPI. Artikel yang terkumpul akan diseleksi melalui proses review oleh tim dosen bekerja sama dengan Direktorat PPI. Artikel terpilih akan dimintakan izin ke dosen pembimbing, selaku dosen yang akan menjadi penulis korespondensi saat artikel dipublikasikan.

Setelah artikel terpilih mendapatkan persetujuan dosen pembimbing, mahasiswa (dan dosen sebagai penulis korespondensi) diminta mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi di jurnal (camp). Pelatihan akan menghadirkan pakar dari berbagai disiplin ilmu yang akan mendampingi peserta sampai menghasilkan artikel yang siap dipublikasikan. Selesai proses pelatihan, dosen penulis korespondensi memiliki tugas untuk men-submit artikel pada jurnal terakreditasi Sinta atau ke jurnal internasional bereputasi.

     

Pengumpulan draft artikel jurnal silakan scan QR Code berikut:

QR Code Google Form Camp Publikasi Ilmiah 2021
QR Code Google Form Camp Publikasi Ilmiah 2021

Atau klik link berikut -> https://ubaya.id/camppublikasi

Share and Enjoy !

0Shares
0